PIMPINAN

Dekan

: Dr. Hj. Ely Alawiyah Jufri, SH, MH.

Ka. Prodi

:Dr. Liza Evita, S.H., M.Hum

Sek. Prodi

:Mohamad. Kharis Umardani, SH, MH

Ka.Laboratorium

: Dr. Yusuf Shofie, S.H., M.H

Koordinator Penelitian

:Nelly Ulfah Anisariza, S.H., M.H

Koordinator P2M

:Derta Rahmanto, SH, M.Hum

Gugus Kendali Mutu

:Evie Rachmawati Nur Ariyanti,SH,MH

VISI KEILMUAN

Mewujudkan Fakultas Hukum yang berwawasan Islam, bermutu tinggi dan mampu bersaing dalam forum Nasional maupun Internasional.

PROFIL LULUSAN

Profil Lulusan Prodi Hukum Universitas YARSI

  1. Care Provider: Konsultasi hukum bagi masyarakat.
  2. Legal/Contract Drafter : Pembuat peraturan dan kontrak hukum yang professional pada instansi atau perusahaan.
  3. Problem Solver : Pemberi opini hukum dan solusi alternatif terhadap permasalahan hukum.
  4. Penegak Hukum : Jaksa, Hakim, Polisi, Adokat.
  5. Researcher /Lecturer (Peneliti) : Pengkaji permasalahan hukum yang sesuai dengan IPTEKS dan masyarakat.
CAPAIAN PEMBELAJARAN

Kode

Capaian Pembelajaran

PENGETAHUAN (P)

P1

Menguasai  konsep teoretis tentang:

–          ciri, struktur, dan teori Ilmu Hukum

–          sumber, asas, prinsip dan norma hukum

–          sistem atau tata hukum nasional Indonesia dan sejarah perkembangannya.

P2

Menguasai pengetahuan dasar tentang sejarah dan aspek teoretis bidang Hukum Positif Indonesia, yang paling sedikit mencakup Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Administrasi Negara, Hukum Internasional, Hukum Adat, Hukum Islam, baik  aspek material atau substansial maupun formal atau prosedural.

P3

Menguasai pengetahuan tentang prinsip dan langkah penyelesaian masalah atau kasus hukum melalui penerapan metode penemuan hukum, yang merupakan dasar perumusan beberapa bentuk dokumen elementer hukum, yaitu paling sedikit berupa dokumen memorandum hukum, dokumen hukum untuk beracara, dokumen hukum kontrak, dan dokumen hukum yang berfungsi regulatif seperti peraturan perusahaan dan beschikking.

P4

Menguasai pengetahuan dasar tentang metode penelitian hukum dengan menggunakan metode berpikir logis dan kritis.

P5

Menguasai konsep umum pengetahuan filsafat hukum, sosiologi hukum, dan perbandingan hukum agar dapat memahami hukum secara kontekstual, sistemik, dan utuh.

P6

Menguasai pengetahuan dasar tentang metode penelitian hukum dengan menggunakan metode berpikir logis dan kritis.

P7

Menguasai teknik perancangan peraturan dan kontrak sebagai instrumen penyelesaian masalah di tengah masyarakat.

P8

Menguasai pengetahuan bidang khusus ilmu hukum, antara lain bidang hukum pidana, hukum perdata/niaga, tata usaha negara, hukum acara, pada tingkat lanjut, serta bidang ilmu non-hukum yang relevan dengan pelaksanaan tugas sebagai pengemban profesi hakim.

P9

Menguasai pengetahuan dan teknik keterampilan beracara, meliputi keterampilan menginvestigasi, memeriksa dan melengkapi berkas, menyelidiki, menyidik, menuntut, melaksanakan penetapan atau putusan Pengadilan, dan mengawasi pelaksanaan penetapan atau putusan Pengadilan.

P10

Menguasai pengetahuan faktual tentang berbagai bidang Hukum Positif Indonesia, baik material maupun formal atau prosedural, serta perkembangannya untuk dapat menangani penyelesaian masalah atau kasus hukum yang dihadapi oleh klien.

SIKAP (S)

S1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

S4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

S7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

S10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

S11

Menjalani kehidupannya sebagai seorang muslim yang saleh dan taat tanpa terikat ruang dan waktu

S12

Memiliki sikap melayani (caring) dan empati kepada pasien dan keluarganya.

S13

Menjaga kerahasiaan profesi terhadap teman sejawat, tenaga kesehatan, dan pasien.

S14

Menunjukkan sikap menghormati hak otonomi pasien, berbuat yang terbaik (beneficence), tidak merugikan (non-maleficence), tanpa diskriminasi, kejujuran (veracity) dan adil (justice).

KETERAMPILAN UMUM (KU)

KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

KU4

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

KU5

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU6

Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

KU8

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan

KU9

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KU10

Mampu menerapkan keterampilan sesuai ajaran Agama Islam:

a.       Mampu membaca dan menulis (mengutip) huruf Al Qur’an sejalan dengan bidang keilmuannya

b.       Mampu menghafal dan memahami Al Quran juz 30

c.        Mampu menjadi imam dalam shalat

d.       Mampu memberikan khutbah

e.       Mampu melakukan perawatan jenazah, mulai dari mengurus, memandikan, mengkafasni, serta menshalatkan jenazah

KETERAMPILAN KHUSUS (KK)

KK1

Mampu menyusun konsep penyelesaian masalah atau kasus hukum melalui penerapan metode berpikir yuridik berdasarkan pengetahuan teoretis tentang sumber, asas, prinsip, dan norma hukum dari berbagai bidang Hukum Positif Indonesia, yang merupakan keahlian dasar untuk menjalankan profesi hukum.

 

KK2

Mampu merumuskan ide secara logis, kritis, dan argumentatif di bidang Hukum Positif Indonesia dan mengkomunikasikannya secara lisan dan/atau tertulis, khusus dalam lingkup masyarakat akademik, sesuai dengan etika akademik.

 

KK3

Mampu mengambil keputusan secara akademik, mandiri dan bertanggungjawab dalam menyelesaikan masalah atau kasus hukum, serta mampu bekerjasama dengan sejawat.

 

KK4

Mampu bersikap etis, adil, taat hukum, peka, dan peduli terhadap lingkungan  sosial dalam merancang dan menerapkan hukum.

 

KK5

Mampu menerapkan ilmu pengetahuan hukum pada tingkat lanjut, baik di bidang kekhususan ilmu hukum antara lain hukum pidana, hukum perdata/niaga, tata usaha negara, hukum acara, dan bidang-bidang non-hukum yang dianggap relevan dengan bidang tugas khusus sebagai pengemban profesi hakim.

 

KK6

Mampu membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan sebagai advokat dengan menerapkan metode berpikir yuridik, sehingga dapat menghasilkan karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan bidang profesi dan aspek kewirausahaan, sesuai dengan kode etik profesi.

 

KK7

Mampu berkontribusi dalam penegakkan, ketertiban, dan keadilan hukum bagi masyarakat tanpa membedakan latar belakang, kepentingan, status sosial, dan sejenisnya.

 

KK8

Mampu menerapkan metode penelitian dan penulisan hukum termasuk perkembangannya secara tepat, dalam membangun argumentasi yuridik yang sahih dan benar dalam proses penyusunan dan perumusan putusan hukum yang benar, tepat, adil dan berkepastian

AKREDITASI

Sesuai dengan SK BAN-PT No. 965/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2015, Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas YARSI mendapatkan akreditasi B.