Menuju Pengelolaan Arsip World Class. UY Gelar Pelatihan Klasifikasi Arsip Bagi Tendik

Arsip harus dikelola dengan baik hingga mendukung pengambilan keputusan pimpinan, jadi bukti akuntabilitas, dan penyelesaian masalah di ranah hukum. Arsip tidak diberkaskan berdasarkan subjek dan kegiatan sehingga sulit ditemukan kembali. Arsip juga rekaman informasi atau kegiatan atau peristiwa dalam bentuk diciptakan atau diterima oleh organisasi atau perorangan.

Dosen program studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Nita Ismayati,S.S,M.Hum menyatakan hal itu saat jadi pembicara Pelatihan Klasifikasi Arsip Bagi Tenaga Kependidikan(Tendik)Universitas Yarsi, pagi tadi

Lebih lanjut Ibu Nita menambahkan, arsip kacau adalah arsip yang sistem penataannya tidak tertib, tidak berdasarkan suatu sistem sehingga sulit ditemukan kembali. “Ini harus dihindari,”ujarnya

Arsip juga punya dasar hukum diantaranya, Undang-Undang nomor.43 tahun 2009 tentang Kearsipan , Peraturan Pemerintah Nomor.28 tahun 2012 tentang pelaksanaan UU No.43 tahun 2009 dan Peraturan kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) no.24 tahun 2011 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kearsipan di Lingkungan Perguruan Tinggi

“Arsip diciptakan perguruan tinggi merupakan memori kolektif perguruan tinggi dan bagian dari memori kolektif bangsa,” tutur Ibu Nita ,alumnus Master Universitas Indonesia

Dalam workshop ini banyak sinar pengetahuan memancar disampaikan Ibu Nita , seperti permasalahan arsip di Universitas Yarsi (UY), arsip tertib, arsip dinamis diberkaskan dan mobile filling, serta solusinya

Penyelenggara pelatihan rektorat Universitas Yarsi sebagai pelaksana Wakil Rektor Bidang IV . Tujuan pelatihan ke-3 ini menjamin terciptanya arsip lebih baik, ketersediaan arsip autentik dan pengelolaan arsip andal, Kemudian mendukung penelitian fakultas, mahasiswa dan dosen ,menjamin keselamatan dan keamanan arsip serta menuju pengelolaan arsip world class.

Pelatihan selama dua hari kali ini diikuti semua program studi di Universitas Yarsi. Mereka ikut belajar merupakan karyawan pilihan. Saat pelaksanaan pelatihan para peserta akan menerima pretest dan postest tentang pengetahuan dan skill dan diberikan pula praktek. Acara menarik ini dibuka Wakil Rektor IV, Prof. Dr.Nurul Huda ,SE.MM,M.Si –(Usman)–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *